Jurus playboy – Ep Peran Gender

PERAN GENDER

Salah satu hal paling penting yang akan Anda dapatkan dari buku ini adalah kemampuan untuk memahami perbedaan antara peran gender laki-laki dan perempuan.

Anda alasan-alasan yang sangat spesifik mengapa cewek lebih tertarik dengan cowok tipe tertentu, dan mengapa Anda lebih tertarik dengan cewek tipe tertentu.

 

Berdasarkan fakta-fakta sebelumnya, manusia hanya diperkenankan memainkan peran gender yang sesuai dengan jenis kelamin mereka— cowok harus memainkan peran gender laki-laki dan cewek harus memainkan peran gender perempuan.

Gagal melakukan hal tersebut berarti Anda tidak akan bertahan hidup.

Nah, akan tetapi, perilaku perkenaan dengan peran gender ini mulai berubah, dan peluang untuk
bertahan hidup juga ikut berubah.

Pemikiran Darwinian tentang ―seleksi alam‖ (“survival of the fittest”) udah kedaluwarsa.

Dalam kehidupan modern, cowok-cowok lemah yang dulu pernah akan musnah dari kolam gen (gene pool), ternyata mampu untuk bertahan hidup, menafkahi, dan merawat keluarga of more weak men. Masyarakat menaruh perhatian kurang pada kekuatan fisik, dan perhatian lebih pada kualitas lainnya yang lebih abstrak.

 

Kualitas-kualitas inilah yang harus Anda pelajari untuk menjadi seorang Playboy. Untuk memahami hubungan antara daya tarik dengan peran gender, Anda harus ingat satu hal: cowok dan cewek yang memainkan peran gender tertentu akan selalu tertarik dengan seseorang yang memainkan peran gender berlawanan.

Jadi jika Anda, sebagai cowok, memainkan peran gender laki-laki (male gender role), Anda akan tertarik dengan cewek yang memainkan peran gender perempuan (female gender role).

Sebaliknya, jika Anda cowok yang memainkan peran gender perempuan (dan ya, ini sangat umum
terjadi), Anda akan tertarik dengan cewek yang memainkan peran gender laki-laki. Tak masalah jenis cewek seperti apa yang menarik buat Anda menurut pikiran bawah-sadar Anda. Anda
akan secara tak-sadar tertarik pada cewek yang memainkan peran gender berlawanan. Saya akan jelaskan alasannya sebentar lagi.

 

Tetapi apa sebenarnya maksud dari ―peran gender laki-laki‖ dan ―peran gender perempuan‖ ini? Mari definisikan istilah-istilah tersebut supaya Anda mengerti caranya memainkan peran gender laki-laki dengan tepat sehingga Anda akan secara alami tertarik dengan jenis cewek yang menarik buat Anda.

Tanpa pengetahuan ini, Anda akan selalu tertarik dengan jenis cewek yang tidak tertarik pada Anda, yang tidak menarik buat Anda, atau yang Anda kira memiliki kualitas yang lebih rendah dari yang Anda harapkan.

Pemahaman terhadap peran gender akan membuka pintu yang lebar untuk Anda, mengizinkan Anda untuk bertemu dengan banyak cewek yang tak pernah Anda sangka.

 

Mari kita bahas dulu apa yang tidak tercakup dalam definisi peran gender.

Secara tradisional, menurut peran gender laki-laki, cowok seharusnya menjadi pemberi nafkah dan pelindung (Provider-Protector).

Adalah tanggung jawab cowok untuk berburu dan mengumpulkan makanan untuk keluarganya, dan juga tugasnyalah untuk menyediakan perlindungan bagi keluarganya.

Cowok harus besar, dominan, dan kuat untuk melakukan hal ini.

Cewek, menurut pemikiran konvensional tentang peran gender perempuan, adalah pengasuh (Nurturer). Tujuan terpenting bagi mereka adalah untuk melahirkan dan merawat anak-anak sampai mereka cukup dewasa untuk menghidupi diri sendiri.

 

Meskipun paragraf-paragraf di atas adalah deskripsi yang sangat sederhana untuk topik yang sangat rumit, Anda sudah dapat memahami bahwa gagasan tentang pasangan peran gender ini telah banyak berubah.

 

Berapa banyak cewek yang Anda lihat cukup menarik yang sepertinya tidak ingin punya anak? Mungkin banyak! Dan berapa banyak cowok yang Anda lihat kurus, bahkan sangat lemah, tetapi ternyata berhasil menggaet cewek-cewek?

 

Lihatlah cowok-cowok tipe ―anak rock‖. Mereka sering terlihat tidak menarik secara fisik, tak bisa diandalkan sebagai pasangan, dan tidak terlihat mampu untuk menafkahi dan melindungi, tetapi banyak cewek- cewek yang tertarik kepadanya. Kenapa? Apa yang menyebabkan daya tarik ini muncul? Apa yang telah berubah sehingga hal-hal seperti ini bisa
diterima padahal dulu tidak?

 

Jawabannya adalah masyarakat. Masyarakat, dan aturan-aturan yang ditanamkan olehnya, telah mengubah gagasan tentang apa maksud sebenarnya dari menjadi pemberi nafkah dan pelindung dan apa maksud sebenarnya dari menjadi pengasuh.

Sekarang ini, untuk memenuhi peran gender laki-laki, seorang cowok harus menjadi pemberi nafkah sosial dan pelindung sosial. Bukan lagi tentang berburu makanan dan melindungi
keluarga Anda dari marabahaya.

Seorang cowok bahkan tidak memerlukan uang untuk menjadi seorang pemberi nafkah sosial yang
efektif.

 

 

Menjadi seorang pemberi nafkah sosial berarti bahwa orang-orang membutuhkan Anda atau menyukai Anda dengan tingkat yang cukup tinggi sampai mereka mau memberi Anda hal-hal yang membantu Anda untuk bertahan hidup.

Ini jauh lebih manjur daripada sekadar punya banyak uang.

 

Pikirkan pertanyaan ini: mengapa cewek tertarik dengan cowok kaya? Ini pertanyaan yang umum dengan jawaban yang sangat penting. Pastikan Anda benar-benar memikirkannya, karena hanya ada satu jawaban tepat.

 

Apa artinya menjadi kaya? Ya, di permukaan, menjadi kaya berarti Anda memiliki banyak uang.

Tapi bagaimana caranya Anda mendapatkan banyak uang? Kecuali Anda mengikuti peta harta karun seperti yang kita bicarakan tadi, Anda akan mendapatkan banyak uang dengan cara
menempati posisi yang kuat.

Jika Anda punya posisi yang kuat, Anda mungkin adalah seorang pemimpinpada sebuah grup, tren, atau organisasi.

Menjadi pemimpin berarti memiliki banyak pengikut. Jika orang-orang mengikuti Anda, mereka akan memperoleh manfaat atas kebersamaan dengan Anda.

Hanya dengan bersama-sama dengan Anda, mereka menjadi lebih bernilai dan, karenanya, lebih bahagia.

Jadi ketika seorang cewek bertemu dengan seorang cowok yang punya uang banyak, secara otomatis ia menganggap bahwa si cowok punya uang karena ia memberikan manfaat ke orang lain, dan nantinya akan memberikan manfaat kepada Anda ketika kalian berkencan.

Ciri-ciri yang mengizinkannya memperoleh uang menjadi lebih penting daripada uang itu sendiri.

 

Meski demikian, sayangnya, hal itu bukanlah anggapan yang sepenuhnya aman.

Dengan penemuan internet datanglah kemampuan untuk menciptakan uang secara online tanpa perlu berinteraksi dengan orang.

 

Uang, pada akhirnya, tidak lagi menjadi indikator yang akurat bahwa seorang cowok adalah pemberi nafkah sosial yang baik.

Cewek belajar untuk membuang gagasan superfisial bahwa mereka tertarik pada cowok
karena uang, dan sampai pada pemahaman bahwa uang bukanlah satu- satunya indikasi kualitas inti yang mereka anggap menarik.

Cewek sekarang bisa secara aktif mencari cowok yang memberikan manfaat kepada orang lain, yang membuat orang lain merasa lebih senang dan lebih penting.

 

 

Untuk masalah seperti itu, cewek ternyata luar biasa berbakat! Sesaat setelah bertemu dengan seoang cowok, cewek mampu mengenali apakah dia memiliki kualitas tersebut—atau sekadar berpotensi memiliki kualitas tersebut.

Si cowok bahkan tidak perlu memenuhi potensi tersebut, karena cewek sudah mengerti bahwa cowok tersebut punya kemampuan untuk memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitarnya, sebuah kualitas yang hanya cowok kaya miliki.

Lagi-lagi, karakter pribadi (personality trait) yang menggiring seseorang menuju kekayaan menjadi lebih penting bagi cewek dibandingkan kekayaan itu sendiri.

 

Setelah sekarang Anda paham bagaimana definisi peran gender laki-laki berkembang, mari berbicara tentang peran gender perempuan.

Cewek tidak lagi berfungsi sebagai pengasuh semata karena sekarang ada babysitter atau orang lain yang dibayar untuk jadi pengasuh.

Cowok sekarang menganggap cewek menarik jika ia bisa memenuhi peran sebagai perasa (empathizer)—seseorang yang bisa merasakan apa yang orang lain rasakan.

 

Hal krusial untuk Anda ingat adalah bahwa jika Anda memainkan peran gender Anda, Anda akan menarik perhatian cewek yang mau memainkan peran gendernya. Pada situasi ini, Anda lebih mungkin memperoleh hubungan yang berhasil karena kalian saling menyeimbangkan.

Jika Anda tidak memainkan peran gender Anda, atau tidak mengizinkan si cewek untuk memainkan peran gendernya, pertukaran peran akan terjadi dan hubungan kalian akan gagal.

 

Saya akan jelaskan lebih banyak tentang pertukaran gender ini sesaat lagi, tetapi pertama saya ingin berbicara tentang dikotomi yang ada dalam diri setiap cowok.

 

Ada dua bagian mendasar dalam diriAnda: anak-anak dan pria dewasa.

Sangatlah alami bagi si anak-anak untuk menjalani hidupnya berdasarkan perasaan. Akan tetapi, seperti yang baru kita diskusikan, membuka diri secara emosional termasuk ke dalam peran gender perempuan.

Jadi apakah itu berarti, sebagai cowok yang berkomitmen untuk memainkan peran gender laki-laki, Anda tidak pernah boleh merasa emosional?

Tidak juga.

Maksud sebenarnya adalah bahwa Anda tidak diizinkan untuk membuat keputusan yang berlandaskan emosi. Jika Anda membuat keputusan berdasarkan emosi, pasangan Anda akan merasa ia tidak bisa membuat keputusan yang emosional.

Dua orang yang sama-sama emosional tidak akan menjalin hubungan yang sehat!

Sebagai kompensasinya, si cewek akan mulai mengganti perasaannya dengan logika, dan mulai mengambil alih kendali hubungan. Pertukaran peran pun terjadi: Anda akan dipaksa untuk memainkan peran gender perempuan, dan ia akan dipaksa untuk memainkan peran gender laki-
laki.

Tak satupun dari kalian yang akan merasa bahagia dengan dinamika hubungan tersebut, dan kalian akan saling menyalahkan atas ketidakbahagiaan yang kalian rasakan.

 

Untuk menghindari situasi ini, pastikan bahwa sisi anak-anak dalam diri Anda tidak pernah membuat keputusan tanpa seizin sisi pria dewasa dalam diri Anda.

Anda boleh merasa emosional, tetapi Anda tidak boleh mengizinkan perasaan tersebut mempengaruhi proses pengambilan keputusan (decision-making process) dalam hubungan yang Anda jalani.

 

Bersikaplah logis tentang pengambilan keputusan yang akan menjadikan hubungan Anda lebih baik di masa depan, dan biarkan pasangan Anda berfokus membuat dirinya senang dan menggunakan kemampuannya sebagai perasa untuk mengekstraksi emosi dari dalam diri Anda dan
untuk membuat Anda bahagia.

 

Pada titik ini, Anda mungkin membayangkan caranya memainkan peran gender laki-laki dengan sangat jelas agar Anda terhindar dari semua masalah yang saya telah jelaskan di atas. Sangat vital untuk Anda membayangkan gambaran yang Anda proyeksikan setiap waktu.

 

Katakanlah Anda sedang berjalan di taman dengan tujuan untuk bertemu sebanyak mungkin orang-orang asing. Apapun mode standar (default mode) Anda saat itu adalah mode yang akan Anda pakai untuk menarik perhatian cewek.

 

Jadi jika mode standar Anda adalah memainkan peran gender perempuan, cewek yang juga akan memainkan peran gender tersebut tidak akan tertarik kepada Anda.

Bahkan, Anda akan menarik perhatian cewek-cewek yang mode standarnya memainkan peran gender
laki-laki dan, umumnya, mereka tidak akan terlihat menarik buat Anda.

 

Inilah sebabnya Anda harus selalu sadar untuk memainkan peran gender laki-laki.

 

Kesimpulan: jika Anda kehilangan kendali atas emosi Anda dan gagal memainkan peran gender laki-laki, cewek tidak akan merasa nyaman untuk kehilangan kendali atas emosinya ketika sedang bersama Anda, meski haknya adalah untuk memainkan peran gender perempuan dan
merasakan emosi tanpa larangan.

Cewek yang memainkan peran gender perempuan akan senang berada bersama cowok yang membuatnya
merasa feminin, yang membuatnya merasa layaknya cewek, dan jika ia merasa harus menghilangkan perasaannya, hanya mengandalkan logikanya, dan mengambil kendali hubungan, dia akan kehilangan femininitas dalam dirinya.

 

Adalah juga peran cowok untuk menghargai cewek yang memainkan peran gender perempuan. Kapanpun seorang cewek ingin merasa berkecil hati, lembut, rapuh, lemah, terlindungi, dan perasaan-perasaan lain yang penting bagi peran gender perempuan, Anda harus menerimanya dan mendukungnya. Mengizinkannya memenuhi perannya akan gantian membuat Anda memenuhi perannya dengan lebih baik.

 

Anda akan merasa lebih menarik baginya, dan hubungan kalian akan jadi lebih kuat.

 

Jangan lupa—Anda baru berada di bab pertama buku ini.

Pada tahapan ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba merasakan apa yang ia rasakan.

Anda masih belum mencoba membentuk koneksi emosional yang dalam dengannya.

 

Ini kemampuan yang lebih tinggi yang akan kita bahas nanti.

Untuk saat ini, anggaplah cinta seperti trik sulap.

Andalah pesulapnya.

Tugas Andalah membuat uang koin hilang lalu muncul lagi, sementara tugasnyalah untuk bertepuk tangan dan merasa terpukau karena ia tidak bisa atau tidak ingin memahami bagaimana Anda melakukannya.

 

Anda juga bisa menganggap peran gender perempuan seperti ―mengejar kupu-kupu…

Biar saya jelaskan…

 

Bayangkan ini: Anda berada di sebuah lapangan yang penuh dengan kupu-kupu, dan semua cewek yang terbuka secara emosional dan memainkan peran gender perempuan sedang mengejar kupu-kupu.

Satu- satunya tugas mereka adalah mengejari kupu-kupu dan mengagumi betapa indahnya kupu-kupu tersebut. Tetapi jika terlalu fokus pada kupu-kupu, mereka tidak akan bisa memperhatikan ke mana mereka berlari.

Mereka bisa saja berlari ke bebatuan, atau terjatuh ke dalam lubang atau terperosok ke dalam jurang. Ini berarti tugas Andalah untuk menyingkirkan segala hal yang membahayakan—memindahkan bebatuan dan menutup lubang—supaya mereka bisa mengejar kupu-kupu dengan aman.

Seorang cewek akan terbuka untuk merasakan sampai mereka sampai di titik di mana hal tersebut memberikan efek negatif kepadanya.

 

Jika apa yang ia rasakan akan membahayakan dirinya, diri Anda, atau hubungan kalian, maka Anda harus menghentikannya.

Tetapi sebelum itu terjadi, jangan ikut campur.

Salah satu miskonsepsi yang cowok miliki adalah bahwa cewek dan cowok berbicara dengan bahasa yang sama.

Saya benci menjelaskannya kepada Anda, tetapi cewek tidak berbicara dengan bahasa yang sama dengan Anda. Cewek berbicara dari sudut pandang seseorang yang memainkan peran gender perempuan.

Hal-hal yang mereka katakan tidak harus masuk akal buat Anda, dan Anda tidak harus selalu setuju dengan mereka.

 

Yang harus Anda lakukan adalah memahami bahwa seorang cewek berbicara bahasa yang berbeda karena ia menginginkan hasil yang berbeda untuk dirinya alih-alih hasil yang
Anda inginkan untuk diri Anda.

 

Ada hal-hal yang Anda lakukan yang membuat Anda merasa seperti cowok yang tidak akan membuatnya senang sebagai cewek, dan ada hal- hal yang ia lakukan yang membuatnya senang sebagai cewek yang tidak harus membuat Anda senang sebagai cowok.

Banyak cewek suka menonton sinetron atau pergi berbelanja, tetapi hampir pasti Anda tidak
menikmati hal-hal tersebut, dan tidak ada alasan bagi Anda untuk menikmati hal-hal tersebut.

 

Faktanya, berpura-pura menyukai hal-hal yang cewek suka adalah cara lemah dan manipulatif untuk merebut hati seorang cewek.

 

Alih-alih, Anda harus mengakui kelaki-lakian Anda, mengakui definisi baru tentang peran gender laki-laki, dan menolak untuk mengalah bahkan jika Anda sedang diuji.

 

Dan percayalah, seorang cewek akan terus menerus menguji Anda apakah Anda benar-benar mampu
memainkan peran Anda dengan baik. Jika Anda lulus, dia akan merasa lebih aman sebagai cewek. Tetapi jika Anda gagal, Anda akan mendapati diri Anda terperangkap dalam spiral pertukaran peran gender.

 

Inilah caranya mengetahui apakah Anda sedang diuji: seorang cewek akan mulai mengambil kendali berbagai hal, mengatur kegiatan-kegiatan Anda, dan memimpin hubungan kalian, dan secara perlahan mengambil alih semua peran yang normalnya adalah peran Anda.

Mengapa dia melakukan ini? Karena ia perlu mengetahui bahwa Anda akan tetap memainkan peran gender laki-laki bahkan jika ia mencoba mengambil alih peran tersebut.

 

Jika kalian berdua sama-sama berpikir logis dan sama-sama mengambil kendali, hubungan kalian akan gagal. Begitu juga, hubungan akan gagal jika kalian berdua sama-sama mengisi peran gender perempuan sebagai perasa.

 

Jika Anda tidak lulus ujian tersebut, ia akan tetap memainkan peran gender laki-laki dan kemudian Anda akan secara alami mulai memainkan peran gender perempuan. Anda akan menyerahkan semua kekuatan positif yang membuat Anda merasa layaknya cowok.

 

Dan ini bagian tergilanya: ia tidak ingin itu terjadi.

 

Kelihatannya cewek sangat ingin memiliki kekuatan dalam hubungan kalian, tetapi kenyataannya hampir secara umum itu tidak benar. Ia ingin menaruh kepercayaan pada cowok yang menjadi pasangannya untuk mengambil kendali hubungan kalian, agar Anda merasa aman dan nyaman untuk merasa emosional tanpa khawatir.

Jika Anda tidak secara memuaskan memenuhi peran gender laki-laki, jika Anda selalu jatuh setiap kali pasangan Anda menguji Anda, ia tidak akan percaya kalau Anda bisa
melindunginya.

Kekhawatiran ini akan memaksanya untuk memainkan peran gender laki-laki, dan, ya, Anda sudah tahu apa konsekuensi pertukaran peran ini.

Pemahaman Anda terhadap peran gender akan menjadi faktor penentu apakah Anda mampu atau tidak mampu untuk secara alami menarik perhatian cewek yang Anda inginkan.

 

Leave a Comment